Sejumlah penumpang KM Sabuk Nusantara 110 tujuan Sinabang Kabupaten Simeulue diperiksa suhu tubuh di pelabuhan Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (7/4).

Pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran COVID -19 di Kabupaten Aceh Jaya maupun ke kabupaten lainnya.

Azwana Amru Harahap selaku Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang saat dikonfirmasi antara menyampaikan bahwa pemeriksaan tersebut bertujuan memastikan suhu tubuh penumpang yang merupakan salah satu cara memastikan penumpang sehat atau pun sakit.

"Saat inikan masih maraknya penyebaran corona, dan pemeriksaan ini salah satu cara memastikan penumpang sehat atau tidak," kata Amru.

Ia menuturkan bahwa selama ada isu penyebaran virus corona ini sejumlah kegiatan baik keberangkatan penumpang maupun kedatangan penumpang diperketat.

"Kita tidak hanya memeriksa suhu saja namun juga menyuruh penumpang mencuci tangan, sampai dengan pengaturan bangku di dalam kapal kita atur agar tidak saling berdekatan," kata Amru.

Amru menyampaikan pemeriksaan ini juga bekerja sama dengan semua pihak baik itu Dinas Kesehatan Aceh Jaya, KKP Meulaboh dan juga Dinas Perhubungan Aceh Jaya.

"Selama COVID -19 ini sudah empat kali kita lakukan pemeriksaan suhu kepada para penumpang," kata Amru.

Amru menuturkan jumlah penumpang Sabuk Nusantara 110 yang dilakukan pemeriksaan suhu tubuh adalah sebanyak 36 orang yang tujuannya ke Sinabang.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020