Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah Jayusman mengatakan pembagian masker kain gratis oleh Pemkab setempat ditargetkan cukup untuk dua masker per orang.

Menurutnya hal itu merupakan target yang ingin dicapai sesuai instruksi Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam upaya penanganan COVID-19 di daerah itu.

"Jadi kata Pak Bupati bahwa kalau bisa masyarakat diberi dua masker per penduduk," tutur Jayusman saat acara penyaluran perdana masker kain di Kecamatan Silih Nara, Rabu.

Menurutnya dalam hal ini jumlah penduduk dewasa di Kabupaten Aceh Tengah diperkirakan sebanyak 217 ribu orang ditambah anak-anak usia di atas lima tahun sebanyak 150 ribu anak.

Karena itulah kata Jayusman pada awalnya pemerintah daerah setempat menargetkan pembuatan masker kain sebanyak 300 ribu lembar.

"Pak Bupati dulu ada ide, saran, atau prakarsa, membuat masker yang akan dibagikan kepada masyarakat sebanyak 300 ribu masker. Jadi saat ini sudah selesai 200 ribu masker yang siap dibagikan," ujarnya.

Jayusman menjelaskan bahwa pengadaan sebanyak 300 ribu masker tersebut melalui Dinas Kesehatan setempat dilakukan dalam dua tahap yakni sebanyak 200 ribu masker tahap pertama dan 100 ribu tahap kedua.

Namun menurutnya untuk saat ini pengadaan sebanyak 100 ribu masker tahap kedua masih akan dipertimbangkan lagi.

"Yang 100 ribu lagi ini nanti akan kita pertimbangkan, apa kita lanjutkan atau tidak, itu nanti akan kita pertimbangkan lagi," kata Jayusman.

Selain itu seiring dengan pembagian masker kain gratis tersebut kata dia Pemkab setempat juga sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang akan disahkannya Perbup yang akan mengatur kewajiban memakai masker kepada setiap masyarakat.

"Jadi kita nanti penegak hukum, baik itu nanti di Satpol PP atau mungkin dari TNI Polri, mempunyai payung hukum apabila terjun ke lapangan menertibkan masyarakat yang tidak pakai masker," sebut Jayusman.


 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020