Prajurit TNI dari Kodim 0116 Nagan Raya, Aceh, melakukan patroli untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat agar memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah, seiring meningkatnya jumlah warga di daerah ini terkonfirmasi positif COVID-19.

Ada pun tempat yang menjadi sasaran patoli diantaranya seperti pasar tradisional, tempat wisata hingga tempat perbelanjaan masyarakat.

“Dalam operasi pendisplinan ini, kami menemukan masih banyakn masyarakat yang tidak disiplin memakai masker secara benar, dan tidak menjaga jarak,” kata Komandan Kodim 0116 Nagan Raya, Aceh, Letkol Inf Guruh Tjahyono, Selasa di Suka Makmue.

Menurutnya, patroli tersebut dilaksanakan oleh TNI sesuai Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, yang diteruskan Panglima TNI ke jajarannya.

Ia berharap, segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah hendaknya di dukung oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya, operasi pendisplinan masyarakat ini dilakukan karena sampai hari ini di Kabupaten Nagan Raya Aceh sudah memasuki zona kuning. 

“Kurva epidemiologi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh terus mengalami kenaikan dalam bulan ini,” katanya menuturkan.

Ada pun target operasi pendisiplinan ini, kata Guruh Tjahyono, diantaranya seperti kewajiban memakai masker dan dipakai secara benar, rajin mencuci tangan pakai sabun atau cairan pencuci tangan, menjaga jarak aman antara satu meter hingga dua meter setiap orang.

“Dengan demikian, kita berharap kasus transmisi lokal dan kasus positif COVID-19 ini bisa dikurangi di Nagan Raya,” katanya mengharapkan.

Dengan usaha bersama yang dilakukan secara masif untuk mendisiplinkan masyarakat, ia berharap masyarakat di daerah tersebut dapat terlindungi dari wabah pandemi mematikan tersebut.

Ia juga menilai peran media massa sangat penting untuk menyampaikan informasi yang edukatif kepada masyarakat, agar mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan demi kesehatan bersama, pungkasnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020