Ukuran masker bantuan Pemerintah Provinsi Aceh dari program gebrakan masker sekolah (Gemas) yang diberikan ke setiap sekolah melalui kepala daerah kabupaten/kota di Aceh kebesaran jika digunakan pada siswa tingkat sekolah dasar (SD). 

Hal itu terlihat dari masker yang dibagikan dan dipakaikan kepada pelajar SDN 1 Banda Aceh oleh para guru setempat setelah diterima dari Pemerintah Aceh yang disalurkan melalui Pemerintah Kota Banda Aceh. 

"Itu sebenarnya ada masker anak-anak dan masker dewasa, tapi yang paling penting hari ini adalah kita berikan edukasi kepada mereka," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman saat menjawab pertanyaan wartawan terkait ukuran masker, di Banda Aceh, Rabu. 

Aminullah mengatakan, langkah pembagian masker itu dalam rangka memberikan pendidikan kepada pelajar agar mereka terbiasa, karena sangat tidak mungkin satu masker itu dipakai setiap pergi sekolah. 

"Masker hari ini cuman satu hari, jadi nanti peran orang tua untuk membeli masker lagi," ujarnya. 

Kata Aminullah, masker dari program Gemas tersebut memang dibuat sesuai ukuran standar, tetapi para siswa melalui orang tua mereka bisa memotong atau mengingat masker ke belakang sehingga posisinya sesuai. 

"Tidak ada masalah karena masker itu umumnya tertutup sampai hidung, karena disamping itu orang tua siswa sendiri juga harus menyiapkan masker,"  kata Aminullah Usman. 

Dalam kesempatan ini, Aminullah menyampaikan bahwa pemberian masker tersebut merupakan instruksi  Pemerintah Aceh untuk melaksanakan program gebrak masker ke sekolah di Banda Aceh. 

"Ini juga dalam rangka kita mengharapkan Banda Aceh bisa kembali uji coba belajar tatap muka, dimana sekolah harus menjalankan protokol kesehatan (prokes)," ujar mantan Direktur Bank Aceh itu. 
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020