Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, memastikan belasan ribu masyarakat miskin di daerah itu akan mendapatkan dana bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) Rp300 ribu/kepala keluarga setiap bulan pada 2021.

“Saat ini kami sedang memverifikasi 12.767 kepala keluarga (KK) di 222 desa  sebagai calon penerima BLT-DD 2021, masing-masing Rp300 ribu per keluarga per bulan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Pengendalian Penduduk Dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Kabupaten Nagan Raya Rahmatullah di Suka Makmue, Rabu.

Baca juga: DPRA: 2,3 juta jiwa warga miskin calon peserta JKN-KIS di Aceh belum jelas

Menurutnya, verifikasi yang sedang dilakukan ini untuk memastikan saat bantuan langsung tunai diserahkan, penerima manfaat adalah masyarakat yang berhak menerima.

Menurutnya, pada tahun 2020 jumlah masyarakat miskin di daerah ini yang menerima BLT dengan anggaran bersumber dari dana desa sebanyak 12.767 kepala keluarga.

Baca juga: Pemko bedah rumah perempuan miskin di Banda Aceh

Pada tahun 2021, kata Rahmatullah, jumlah calon penerima bantuan tersebut diperkirakan menurun setelah dilakukan verifikasi ulang secara faktual guna memastikan calon penerima yang berhak dan sesuai aturan.

Ada pun dasar penyaluran bantuan tersebut, kata dia, sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa dan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor Nomor 222 Tahun 2020 tentang pengelolaan dana desa.

Baca juga: Bupati Nagan Raya serahkan rumah bantuan untuk warga miskin dari dana CSR

Karena dalam kedua peraturan tersebut, katanya, dengan jelas disebutkan penggunaan dana desa harus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di desa.  

“Jadi dana BLT ini akan diterima oleh masyarakat selama satu tahun penuh atau setiap bulan dimulai tahun ini,” katanya menambahkan.

Rahmatullah juga menjelaskan, pada tahun 2021 lalu jumlah dana desa yang dikucurkan untuk 12.767 KK di Kabupaten Nagan Raya mencapai Rp41,4 miliar dari total rencana anggaran sebesar Rp46,3 miliar.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021