Ribuan tenaga kesehatan di Banda Aceh mulai divaksinasi COVID-19 setelah menyatakan diri bersedia dan memenuhi persyaratan sebagai penerima vaksin. 

“Untuk penerima ada sekitar 6.315 tenaga kesehatan yang disiapkan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Lukman, di Banda Aceh, Jumat.

Lukman mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 11 Puskesmas untuk program vaksinasi COVID-19 tenaga kesehatan tahap pertama ini. 

Baca juga: Nakes di Aceh mulai sosialisasikan vaksin COVID-19 ke masyarakat

"Selain 11 Puskesmas, layanan vaksinasi COVID-19 di Banda Aceh juga ada RSUD Meuraxa, RSUD Zainal Abidin, RS Ibu dan Anak, RS Kesdam Iskandar Muda dan di Poliklinik Dokkes," ujarnya. 

Lukman menyampaikan, sejauh ini Banda Aceh telah menerima sebanyak 12.760 vaksin produksi Sinovac untuk dua kali penyuntikan, dimana penyuntikan kedua dilaksanakan 14 hari setelah penyuntikan pertama.

Baca juga: Aceh targetkan 62 ribu lebih Nakes dapat vaksinasi COVID-19

“Saat ini di Banda Aceh sudah ada 12.760 vaksin, target kita semua tenaga kesehatan yang  memenuhi syarat kita vaksin,” katanya.

Setelah itu, lanjut Lukman, pendistribusian vaksin baru disalurkan untuk masyarakat, mengingat target pemerintah proses vaksinasi ini bisa diselesaikan hingga akhir 2021.

Lukman berharap, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Banda Aceh dapat berjalan dengan lancar dan tenaga kesehatan yang menjadi sasaran tahap pertama ini dapat mengakses pelayanan vaksinasi sendiri. 

"Bisa langsung mengakses baik itu ke Puskesmas maupun ke rumah sakit yang telah tersedia vaksin COVID-19 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," ujar Lukman.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021