Impian Jamaluddin (21), anak yatim asal Desa Alue Pinang, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Aceh, menjadi calon prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) akhirnya terwujud. 

Mimpi Jamaluddin terwujud setelah dirinya dinyatakan lulus pada sidang pemilihan Cata PK TNI-AD Gelombang I Tahun 2021 di Ajendam Iskandar Muda.

Jamaluddin pun kini sedang mengikuti pendidikan Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karir (Secata PK) TNI-AD gelombang I TA. 2021 di Rindam Iskandar Muda, Mata Ie, Aceh Besar.

Itu semua berkat kegigihannya serta tekad yang kuat dan pola disiplin latihan teratur akhirnya membuahkan hasil bagi Jamaluddin yang ingin menggapai mimpi menjadi prajurit TNI-AD.

Jamaluddin, anak kelima dari seorang buruh yang bekerja sebagai penjaga kilang padi yakni (alm) Muhammad dan Nur Hayati.

Fatimah Wati, kakak kandung Jamaluddin, mengatakan adiknya memang bercita-cita ingin menjadi tentara sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Selain itu juga wasiat dari almarhum ayah, sangat ingin anaknya ada yang menjadi TNI.

BACA:
23 pemuda Kota Langsa dan Aceh Timur lulus jadi prajurit TNI AD


Setelah menamatkan pendidikan di SMK Negeri 2 Langsa, Jamaluddin langsung mendaftar masuk tentara di alokasi Kodim 0104 Aceh Timur dan selanjutnya dibina Koramil 23 Langsa Timur.

Pada kesempatan pertama, kedua dan ketiga dia sempat mengalami kegagalan di penerimaan Tamtama PK Tahun 2019-2020. Namun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan keinginan Jamaluddin untuk menjadi tentara.

“Tahun ini, adik saya ini kembali mendaftar. Syukur Alhamdulillah, adik saya lulus dan akan menjadi tentara,” kata Fatimah.

Kuatnya tekad Jamaluddin menjadi anggota TNI membuat Danramil 23 Langsa Timur Kapten Kav Khairul Nizam mengaku kagum dengan kegigihannya. 

“Tak jarang dia sering bertanya kepada para anggota Koramil mengenai cara agar lulus dalam seleksi menjadi seorang prajurit TNI,” kata dia.

Bahkan, selain kesegaran jasmani materi tes psikologi yang harus dipelajari, tak kalah kesehatan fisik juga harus prima, jawab anggota kepada Jamaluddin.

“Atas keberhasilan itu, kami personel Koramil mengucapkan selamat kepada adik kita Jamaluddin. Semangat, tekad dan kerja kerasnya selama ini telah mengantarkannya menggapai mimpi yang dicita-citakan,” kata Danramil.

Tangis haru dan ucapan terima kasih disampaikan Nur Hayati, ibu Jamaluddin ketika Babinsa Koramil 23 Langsa Timur, Kodim 0104 Aceh Timur, Serda Mualim didampingi perangkat Gampong Alue Pinang, Muhammad Hendri saat mendatangi rumahnya.

“Kami sekeluarga sangat bahagia dan berterima kasih kepada anggota Koramil Langsa Timur yang telah membina Jamal selama ini. Semoga ketulusan dan kebaikan bapak-bapak TNI dibalas oleh Allah SWT,” kata Nur Hayati.

Serda Mualim, yang mendampingi Jamaluddin, mengaku dia merupakan anak yatim yang gigih dan bercita-cita ingin menjadi prajurit TNI. 

“Salut untuk Jamal, semoga sukses,” katanya.

Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar mengungkapkan rasa senang dan bangga.

“Mewakili seluruh anggota Kodim, kami sampaikan selamat atas kelulusan Jamaluddin. Kami semua sangat bangga dan bersyukur. Selamat bergabung bersama kami adik Jamal,” kata Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021