Pedagang menjual meterai di Kabupaten Simeulue, Aceh, kebanjiran pembeli menyusul dibukanya lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

"Dalam beberapa hari terakhir ini banyak pembeli. Ada membeli dua hingga empat lembar. Bahkan ada juga membeli dalam jumlah banyak," kata Rahmad, penjual meterai di Kota Sinabang ibu kota Kabupaten Simeulue, Jumat.

Menurut Rahmad, dari pengakuan para pembeli itu menyebutkan mereka membeli meterai untuk berkas pendaftaran CPNS. Meterai dengan nilai Rp10 ribu dijual Rp12 ribu per lembar. 

"Kalau meterai Rp6.000 tidak dijual lagi. Sejak beberapa hari ini, ada ratusan lembar meterai telah terjual," kata Rahmad.

Senada juga diungkapkan Silvia Riska, pekerja toko foto kopi yang juga menjual meterai. Kebanyakan pembeli meterai itu akan digunakan untuk kelengkapan berkas untuk ikut CPNS. 

Sebab, dalam persyaratan tes pegawai negeri itu ada beberapa surat keterangan yang di wajibkan menggunakan meterai sebagai tanda pengikatnya.

"Meterai itu untuk syarat tes CPNS. Kalau tidak ada meterai tidak bisa daftar. Sejak pembukaan CPNS dibuka, setiap terjual ratusan lembar meterai," kata Silvia Riska.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021