Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan kabupaten tersebut merupakan salah satu daerah rawan bencana sehingga PMI dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam antisipasi dini kebencanaan.

"Daerah kita memiliki topografi yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan, keadaan ini menempatkan kita pada posisi yang rentan bencana, terutama saat musim penghujan," katanya di Takengon, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pengukuhan Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tengah periode 2021-2026 di Takengon.

Ia menjelaskan dalam antisipasi tersebut PMI dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk menjawab tuntutan dalam memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat sebagai upaya antisipasi dini kebencanaan.

"Kita tidak hanya dituntut untuk memberikan pertolongan semata pada saat terjadi bencana, kita juga dituntut untuk memberikan informasi dan sosialisasi sebagai antisipasi dini terhadap bencana yang mungkin terjadi," katanya.

Ketua PMI Aceh Tengah, Aulia Putra berharap dukungan dari semua pihak untuk mendukung organisasi tersebut dalam melaksanakan tugas kemanusiaan di daerah dataran Tinggi Gayo itu.

Pewarta: Kurnia muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021