Pemerintah Kota Banda Aceh memberikan bantuan peralatan usaha kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kota setempat sebagai upaya mengurangi beban, dan tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Alhamdulillah, hari ini kita kembali menyerahkan alat usaha untuk ibu-ibu pelaku UMKM. Semoga alat usaha ini dapat meringankan beban pelaku usaha kecil di masa pandemi ini," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, di Banda Aceh, Kamis.

Peralatan usaha tersebut diserahkan 25 pelaku UMKM di Banda Aceh. Bantuan yang diserahkan Wali Kota Aminullah Usman itu merupakan usulan dari Pokir (pokok pikiran) anggota DPRK Banda Aceh Aulia Afrizal.

Baca juga: PLN UIW Aceh bantu Rumah Produksi Sambal Goreng Kentang di Banda Aceh

Prosesi penyerahan bantuan dilakukan dengan penerapan prokes, di mana semua yang hadir memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di wastafel yang telah disediakan di lokasi.

Aminullah mengatakan, peralatan usaha yang diberikan kepada para pelaku usaha itu merupakan bentuk kepedulian Pemko Banda Aceh untuk pengusaha kecil agar mereka tetap survive dan berkembang meski masih dalam kondisi pandemi.

Baca juga: Bantu UMKM, AP II SIM salurkan program kemitraan Rp315 Juta

"Bantuan ini juga untuk meringankan beban pelaku usaha kecil di masa pandemi COVID-19. Setidaknya mereka tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk membeli peralatan usaha," ujarnya. 

Aminullah berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan hasil, pendapatan ekonomi dari usaha yang mereka geluti masing-masing.

Baca juga: PLN bantu pengembangan UMKM di Aceh Tengah

Sementara itu, Kadiskop UKM dan Perdagangan Banda Aceh M Nurdin melaporkan bantuan peralatan tersebut untuk 25 pelaku UMKM pembuatan kue. Diserahkan secara simbolis kepada simbolis oleh 10 orang penerima.

"Bantuan yang diberikan terdiri dari satu unit kompor gas, satu unit mixer, satu unit blender, satu oven dan satu unit regulator beserta selang untuk masing-masing pelaku UMKM," kata M Nurdin.

M Nurdin berharap agar bantuan ini dapat dipergunakan sebaik mungkin. Meski tidak banyak, namun bantuan tersebut sudah dapat meringankan beban para pelaku UMKM, dan memudahkan mereka dalam memproduksi usahanya. 
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021