Wali Kota Sabang Nazaruddin dan Forkopimda setempat menyambut kedatangan Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci-945 yang membawa taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dalam rangka kegiatan Kartika Jala Krida (KJK) ke wilayah paling ujung barat Indonesia itu.

"Kami ucapkan selamat datang Satgas Kartika Jala Krida yang sedang menjalankan misi untuk memberikan pembekalan kepada taruna dan taruna AAL di Kota Sabang. Pemerintah Kota Sabang mendukung penuh kegiatan ini," katanya di Dermaga Lanal Sabang, Kamis.

KRI Bima Suci-945 dikomandani Letkol Laut (P) Waluyo, yang juga menjabat sebagai Komandan Satgas KJK tahun 2021. Pihaknya membawa 83 anak buah kapal serta 18 personel staf latihan AAL di bawah pimpinan Pungky Anwar.

Selain itu, KRI latih Bima Suci-945 juga membawa 88 KJK taruna AAL tingkat III angkatan ke 68, yang terdiri dari empat korp, di antaranya 42 taruna korp pelaut (P), 15 taruna korp teknik (T), 15 taruna korp elektronika (E) dan 16 taruna korp suply (S).

Kunjungan itu merupakan latihan praktek lapangan (Latek) taruna AAL di kapal sebelum kelulusan menjadi perwira TNI AL, dengan tujuan melatih dan mengaplikasikan semua ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan menggunakan kapal layar TNI AL.

Dalam kegiatan itu, KRI Bima Suci singgah di berbagai pelabuhan baik dalam maupun luar negeri dalam rangka diplomasi AL serta promosi budaya Indonesia.

Namun, karena kondisi pandemi COVID-19, KRI Bima Suci hanya singgah di pelabuhan-pelabuhan dalam negeri.

"Semoga Satgas Kartika Jala Krida bersama taruna/taruni AAL selalu dalam lindungan Allah SWT selama berada di Kota Sabang, dan dapat menjalani pelatihan serta pembekalan dengan baik dan lancar serta mampu menyerap ilmu yang diajarkan selama pelayaran," kata Nazaruddin.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021