Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Simeulue, Aceh, membagikan sebanyak 3.000 sertifikat tanah gratis kepada masyarakat di kabupaten kepulauan di Samudra Hindia tersebut

Kepala BPN Simeulue Evan Rahmaini di Simeulue, Senin, sertifikat tanah tersebut merupakan realisasi dari seluruh target proses pendaftaran tanah untuk pertama sekali yang dilakukan secara serentak di Kabupaten Simeulue pada 2021.

"BPN Simeulue pada akhir Oktober ini telah tuntas melaksanakan kegiatan PTSL. PTSL merupakan program prioritas nasional berupa percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap," kata Evan Rahmaini.

Evan Rahmaini mengatakan program percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) meliputi 138 desa di Kabupaten Simeulue. Sebanyak 34 desa di antaranya sudah menjadi desa lengkap dalam hal pemetaan tanah serta secara administrasi.

"BPN sudah memiliki data di seluruh bidang tanah di 34 desa tersebut. Pemetaan seluruh bidang tanah ini juga akan semakin memperkecil tingkat terjadi sengketa pertanahan ke depannya," kata Evan Rahmaini.

Evan Rahmaini mengatakan BPN Kabupaten Simeulue menargetkan penyelesaian penerbitan sertifikat atas 5.000 bidang tanah di kabupaten kepulauan tersebut.

Untuk itu, Evan Rahmaini mengharapkan dukungan dan kerja sama dari pemerintah daerah serta masyarakat agar target tersebut dapat tercapai pada tahun anggaran 2022.

"Kami juga mengharapkan camat dan kepala desa menysosialisasikan kepada masyarakat kalau program pertahanan tersebut penting, sehingga masyarakat tidak menyia-nyiakan kesempatan menyertifikatkan tanah mereka secara gratis," kata Evan Rahmaini.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021