Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meminta pejabat Mukim dapat berperan sebagai pemersatu di tengah masyarakat bersama-sama camat dan reje kampung.

Menurutnya pejabat Mukim harus punya sikap yang tepat dalam menghadapi dinamika sosial di tengah masyarakat yang semakin berkembang saat ini.

Hal itu disampaikan Shabela Abubakar saat melantik Mukim Gedum Malik Islahuddin Kamis (11/11/) di Kecamatan Jagong Jeget, Aceh Tengah.

"Selaku pimpinan daerah kami mengharapkan agar sistem pemerintahan mulai dari level terendah berjalan dengan efektif, jika pun ada potensi masalah agar dapat segera diantisipasi, jangan sampai membesar dan meluas," pesan Shabela Abubakar.

Dia berharap agar para Mukim dapat jeli menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat sebelum sempat meluas.

Menurutnya seorang Mukim harus dapat menjadi penengah dan mampu menjadi pengendali kondisi sosial di tengah masyarakatnya.

"Jangan sampai masalah yang bisa ditangani di tingkat kampung mencuat ke atas, Mukim harus bisa menjadi penengah, begitu juga dengan camat, di samping menjalankan tugas administrasi pemerintahan juga harus berperan sebagai pemimpin yang dapat mengendalikan kondisi sosial masyarakat," demikian Shabela.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021