Pemerintah Kota Sabang mengajak kaum milenial di Kota Sabang untuk aktif mempromosikan pariwisata di wilayah Pulau Weh itu melalui konten kreatif yang disebarkan melalui platform digital, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Sabang Faisal, Selasa, mengatakan pemerintah kota terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kota setempat, salah satunya melalui pelatihan pembuatan video dokumenter pariwisata sebagai ajang promosi media digital bagi generasi millenial untuk terus berkarya dan berkreativitas.

Baca juga: Sabang bikin festival diving untuk kebangkitan wisata bahari

“Dimana peserta pelatihan ini diharapkan dapat membuat konten-konten baik foto maupun video yang bagus, sehingga mampu mempromosikan dan menarik kunjungan wisatawan ke Kota Sabang," kata Faisal, saat membuka pelatihan di Kota Sabang.

Faisal menyebutkan di era globalisasi ini sangat dibutuhkan peran dari para kelompok milenial dalam mengembangkan sektor pariwisata dengan kemampuan masing-masing guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Dispar Sabang minta setiap desa miliki pemandu wisata

Dalam hal ini, dia mengharapkan para pengelola pariwisata dan insan muda yang bergerak dalam pengembangan sektor pariwisata Kota Sabang dapat menciptakan dan membuat konten yang berbasis fotografi dan videografi untuk menarik turis.

“Kita harap peserta yang mengikuti pelatihan bisa menguasai teknik pembuatan video dengan baik sehingga dapat mengajarkan kembali ilmu yang sudah dipelajari kepada teman satu komunitas lain,” katanya.

Baca juga: Pemko Sabang ajak masyarakat dukung Duta Wisata Sabang

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Sabang Murdiana menjelaskan  pelatihan itu untuk meningkatkan pengetahuan dasar keterampilan dasar fotografi dan videografi sehingga akan memudahkan peserta dalam membuat konten untuk mempromosikan pariwisata Kota Sabang.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas promosi pariwisata media sosial Kota Sabang dan memberikan motivasi bagi generasi muda millenial yang kreatif untuk menghasilkan karya berupa video dan foto pariwisata yang bagus secara rutin," kata Murdiana.

Pelatihan diikuti sebanyak 25 peserta meliputi tim media Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se ota Sabang, anggota Genpi Sabang, Duta Wisata Kota Sabang serta dari instansi terkait. Pelatihan berlangsung mulai 23-25 November 2021.

"Peserta pelatihan belajar teori dasar fotografi dan videografi, selanjutnya mereka akan langsung latihan dan praktek lapangan di Desa Wisata Jaboi, dan mereka juga belajar tentang tata cara edit foto dan video dari pemateri,” katanya.
 

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021