Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan event tour de Sabang (balap sepeda) membawa misi menuju sport tourism atau wisata olahraga di kota paling barat Indonesia itu. 

"Tour de Sabang ini sekaligus membawa misi sport tourism, saya menginginkan event ini dilaksanakan secara tahunan," kata Nova Iriansyah di Sabang, Minggu.

Hal itu disampaikan Nova Iriansyah di sela-sela pelepasan start balapan sepeda kategori road bike, di tugu kilometer 0 Indonesia, Sabang.

Baca juga: Wakil Wali Kota: Event tour de Sabang positif untuk ekonomi dan pariwisata

Dalam rangka mencapai target sport tourism, kata Nova, Pemerintah Aceh mendukung penuh setiap event olahraga yang digelar di kota dengan keindahan wisata bahari tersebut. 

"Tour de Sabang ini ingin dijadikan agenda tahunan, kita mendukung, Pemerintah Aceh konsen terhadap event-event olahraga," ujarnya.

Nova menuturkan, olahraga sepeda saat ini menjadi salah satu trend yang sedang naik. Apalagi bersepeda menyehatkan, sekaligus dapat mempromosikan wisata Sabang. 

Baca juga: Tour de Sabang kategori MTB didorong masuk kalender UCI Gran Fondo

"Pemerintah Aceh bersama DPR Aceh sangat mendukung dan terus bekerja keras untuk meningkatkan baik itu kualitas maupun kuantitas event bersepeda," kata Nova.

Selain itu, Nova juga menuturkan bahwa event bersepeda ataupun olahraga lainnya bermuara pada kompetisi paling besar, dalam hal ini pekan olahraga nasional (PON).

"Kegiatan ini untuk menunjang itu (prestasi atlet untuk PON), dan insyaallah ke depan dilaksanakan di Aceh-Sumut 2024," ujarnya.

Baca juga: Tour de Sabang dijadikan event tahunan Aceh

Karenanya, Gubernur Aceh meminta kepada Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh untuk memasang target tinggi saat PON 2024.

"Makanya kita mulai dari sekarang, dan terus menyemarakkan event olahraga bersepeda seperti ini," demikian Nova Iriansyah.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh baru melaksanakan event tour de Sabang, kegiatan tersebut diselenggarakan pada 26-28 November 2021.

Pada event tour de Sabang ini dilaksanakan dua kategori yakni untuk sepeda gunung atau mountain bike (MTB) serta khusus untuk sepeda balap (road bike), hingga ke titik 0 kilometer Indonesia.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus juga menyatakan bahwa event balapan sepeda seperti tour de Sabang ini membawa dampak positif terhadap perekonomian warga dan dunia pariwisata di ujung barat Indonesia itu.

"Acara seperti ini sangat berpengaruh positif, mengingat event tour ini mampu mempromosikan Sabang ke kanca dunia dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pariwisata," kata Suradji Junus. 

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021