Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang menggelar pasar murah di empat titik wilayah pedalaman daerah itu dalam rangka menyetabilkan harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah.

Kepala Bidang Perdagangan Diskop UKM dan Perindustrian Aceh Tamiang Erma Hasfiani di Aceh Tamiang, Rabu, mengatakan pasar murah kali ini bekerja sama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Langsa dengan sasaran empat kecamatan yakni, Banda Mulia, Tamiang Hulu, Bandar Pusaka dan Seruway.

Baca juga: Ini lokasi pasar murah jelang Ramadan di Aceh Timur

"Pelaksanaan pasar murah ini merupakan kewenangan Dinas Perdagangan Provinsi Aceh, jadwalnya selama empat hari terhitung sejak 28-31 Maret 2022 atau menjelang meugang," kata Erma Hasfiani.

Menurutnya hari pertama pasar murah digelar di Kecamatan Banda Mulia, kemudian Tamiang Hulu, Bandar Pusaka dan terakhir di pesisir Seruway. Empat kecamatan ini dipilih agar warga pedalaman juga bisa mendapatkan harga kebutuhan bahan pokok yang terjangkau.

"Sembako yang dijual di program pasar murah ada beras, gula pasir, minyak goreng kemasan, tepung terigu dan telur ayam," sebut Erma.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Diskoperindag Aceh Jaya gelar pasar murah

Pasar murah ini buka sekitar pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB atau bisa lebih cepat kalau barang sudah habis. Pendistribusian sembako ke kecamatan-kecamatan menggunakan satu unit truk cold diesel. 

Adapun daftar harga pasar murah untuk komoditi beras 10 kg Rp 85 ribu, gula pasir Rp25 ribu/2 kilogram, minyak goreng kemasan premium 1 liter Rp23 ribu, minyak goreng kemasan premium 2 liter Rp45 ribu, tepung terigu Rp8500/kg dan telur ayam satu papan Rp35 ribu.

Baca juga: Pasar murah Sabang diharapkan bantu warga jelang Ramadhan

Camat Banda Mulia Muhammad Farij mengatakan begitu dibuka warga tampak 'menyerbu' pasar murah yang digelar di pusat kecamatan tersebut. Semoga dengan adanya sembako murah program dari pemerintah ini dapat meringankan kebutuhan bahan pokok menjelang meugang untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini.

"Alhamdulillah yang datang ke pasar murah lumayan ramai, terutama ibu-ibu," kata M Farij.

Sementara pasar murah hari ketiga di Kecamatan Bandar Pusaka disambut antusias warga sudah antre menunggu sejak pagi. Diprediksikan lapak pasar murah akan membludak dikunjungi karena bertepatan dengan hari pekanan di pasar Babo tersebut.

"Pasar murah digelar di halaman masjid Pekan Babo. Warga sangat senang karena bahan pokok yang dijual di pasar murah lebih murah dari padagrosir dan kedai," kata Camat Bandar Pusaka Cakra Agie.

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022