Langsa (ANTARA Aceh) - Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Langsa, Nur Hamidah Karim menyatakan seorang ibu memiliki peran penting dalam proses pendidikan anak.

"Seorang ibu selain sebagai isteri juga berperan penting dalam tingkat pendidikan buah hatinya," tutur Ida Karim, begitu ia akrab disapa saat berbicara dengan ANTARA di Langsa, Rabu.

Bagi owner butik Prettyholic itu, peringatan hari ibu pada 22 Desember kemarin, merupakan suatu pengakuan akan besarnya peran seorang ibu yang memiliki dwi fungsi yang dijalankan sekaligus dalam waktu bersamaan.

Keberhasilan pendidikan seorang anak tidak terlepas dari peran ibu dan ayah sebagai orangtua dalam mengarahkan dan membimbing anaknya menuntaskan jenjang pendidikan yang sesuai dengan kemampuan intelektual dan kemauan buah hatinya.

"Peran ibu sangat berpengaruh dalam mendidik anak termasuk berhasilnya dalam pendidikan dan masa depan. Hal ini seperti dua sisi mata uang yang saling melengkapi antara ibu dan ayah," ujar Ida.

Karenanya, lanjut dia, tingkat pendidikan seorang ibu juga tidak kalah pentingnya dalam mewujudkan keluarga bahagia dan keberhasilan para buah hatinya.

Walau banyak juga para ibu biasa yang tidak berpendidikan tinggi berhasil menyekolahkan anaknya.hingga keperguruan tinggi dan sukses dalam berkarir.

"Taraf pendidikan ibu penting, tapi tak kalah pentingnya adalah perhatian dan curahan kasih sayang kepada keluarga," akunya.

Pun demikian, Ida tetap menegeskan bahwa berapapun.besarnya peran ibu dalam rumah tangga tetap suami adalah pemimpin yang selalu menjadi panutan dan pengayom dalam keluarga.

Terakhir, wanita pengusaha ini menegaskan bahwa apapun kesibuan seorang wanita, jangan sekali-kali melupakan kodratnya sebagai ibu, isteri dan mitra suami dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Untuk itu, ia mengatakan wanita karir memang sudah diakui keberadaannya sesuai emansipasi. Akan tetapi harus mampu membagi waktu dan perhatian antara bisnis, pekerjaan dan keluarga.

Pewarta: Pewarta : Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015