PT Bank Syariah Indonesia (BSI) eks Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menyiapkan uang pecahan baru sebesar Rp5 miliar, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

“Penyediaan uang pecahan baru ini guna memudahkan nasabah dan masyarakat, dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah,” kata Kepala PT Bank Syariah Indonesia Cabang Meulaboh, Sumarwan, Senin.

Ia menjelaskan, ada pun uang pecahan baru yang disiapkan tersebut terdiri dari uang pecahan Rp2.000, pecahan Rp5.000, pecahan Rp10.000, pecahan Rp20.000, serta pecahan Rp50.000.

Sumarwan mengakui dari total pecahan Rp5 miliar yang sudah disiapkan untuk melayani penukarang uang pecahan baru, sejak dua pekan lalu, saat ini jumlah uang yang tersedia kurang dari Rp500 juta saja.

Sedangkan uang pecahan baru yang tersisa kebanyakan pecahan Rp50.000, sedangkan pecahan Rp2.000 hingga Rp5.000 tersisa sangat sedikit, karena banyak diminati oleh masyarakat.

Guna mengantisipasi permintaan penukaran uang dari masyarakat dan nasabah, pihaknya dalam pekan ini berencana menambah uang tunai baru sebesar Rp2 miliar.

Sehingga diharapkan nantinya kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan uang pecahan baru semakin mudah, katanya.

Pada tahun 2021 lalu, kata Sumarwan, total uang pecahan baru yang disiapkan oleh PT Bank Syariah Indonesia (eks BRI) Cabang Meulaboh mencapai Rp8 miliar.

Berkurangnya penyediaan uang pecahan baru pada tahun ini, kata dia, disebabkan karena banyaknya masyarakat yang menukarkan uang pecahan baru pada PT Bank Syariah Indonesia (BSI) lainnya yang berada di eks Bank BNI dan Bank Mandiri, tuturnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022