Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh melalui Direktorat Reserse Narkoba dan Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) melakukan tes urine terhadap awak angkutan mudik lebaran Idul Fitri, baik darat maupun laut dan udara.

Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh Kombes Pol Ruddi Setiawan di Banda Aceh, Minggu, mengatakan tes urine untuk memastikan tidak awak angkutan menggunakan narkoba saat melayani angkutan mudik.

"Pemeriksaan atau tes urine itu dilakukan di tiga lokasi, yaitu di Bandara Sultan Iskandar Muda, Pelabuhan Ulee Lheue, dan Terminal Batoh," kata Kombes Pol Ruddin Setiawan.

Kombes Pol Ruddin Setiawan mengatakan pengecekan urine menggunakan alat "drug abuse test". Tes urine merupakan agenda nasional serta masuk dalam Operasi Ketupat Seulawah 2022.
 
Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan tes urine diikuti 25 awak angkutan terdiri dua pilot dan dua pramugari, seorang nakhoda dan delapan anak buah kapal serta 12 12 sopir.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap awak angkutan umum tersebut semuanya negatif dan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Kombes Pol Ruddi Setiawan menyebutkan.

Menurut Kombes Pol Ruddi Setiawan, tes urine tersebu bertujuan untuk memastikan para sopir, pilot, pramugari, nakhoda maupun anak buah kapal bebas dari narkoba, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan selama mudik lebaran.

"Tes urine ini akan terus digelar selama libur lebaran Idul Fitri untuk mencegah tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Aceh," kata Kombes Pol Ruddi Setiawan.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022