Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK) pada Mei 2022 resmi mengakhiri program pendampingan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat, setelah menjalankan programnya sejak tahun 2016.

“Setelah kurang lebih enam tahun hadir di Aceh Barat, hari ini kami berpamitan secara resmi karena program Kompak telah berakhir di Aceh Barat," kata Distric
Coordinator KOMPAK Aceh Barat Abdul Haris di Meulaboh, Kamis.

Seperti diketahui, KOMPAK merupakan program kemiteraan antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Republik Indonesia yang selama ini telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, dalam menggerakkan perekonomian rakyat di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Aceh Barat.

Meski program KOMPAK telah usai, Abdul Haris berharap jalinan silaturahmi dan komunikasi harus tetap terjaga dengan baik.
 
Ia megakui sejak tahun 2016 lalu, KOMPAK telah mendukung pemerintah daerah dalam berbagai sektor pembangunan di Aceh Barat, termasuk dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Disamping itu, pendampingan dan kolaborasi Pemkab Aceh Barat bersama KOMPAK, kata dia, juga telah melahirkan berbagai terobosan, seperti membentuk forum Usaha Kecil Menengah (UKM), memfasilitasi pemasaran produk kerajinan eceng gondok dan jagung baik di pasar lokal maupun mancanegara.

Pihaknya juga telah mengembangkan Sistem Informasi Gampong (SIGAP) dan akta kelahiran dan akta kematian yang terintegrasi dana desa, serta inovasi berbagai inovasi
lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Marhaban mengatakan selama ini jalinan kerjasama antara KOMPAK denga pemeruntah daerah, sangat berdampak positif bagi kemajuan Kabupaten Aceh Barat.

“Selaku pemerintah daerah kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran program KOMPAK, yang konsisten mendukung pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam menjalankan dan mengembangkan berbagai program pembangunan,” kata Marhaban.

Menurutnya, kehadiran KOMPAK sangat membantu masyarakat dan pemerintah daerah, karena tujuan program yang selama ini dilakukan menyasar pada peningkatan ekonomi masyarakat miskin dan rentan, serta mampu meningkatkan penyelenggaraan pelayanan dasar dan kesempatan ekonomi.

Ia berharap walaupun program KOMPAK telah berakhir di Aceh Barat, namun solidaritas jalinan silaturahmi dan komunikasi harus selalu terjaga, guna saling bertukar
informasi demi mengembangkan Aceh Barat menjadi lebih maju di masa yang akan datang, kata Sekda Marhaban mengharapkan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022