Gubernur Aceh H Nova Iriansyah membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Aceh Tahun 2022 di Meulaboh,  Aceh Barat, Senin.

Pembukaan ajang olahraga dua tahunan tersebut ditandai dengan pemukulan rapai bersama Bupati Aceh Barat H Ramli MS dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Dedy Yuswadi.

“Ajang Popda ini dapat dijadikan sebagai gladi resik menjelang PON 2024,” kata Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Nova Iriansyah mengatakan Popda Aceh terlaksana berkat kerja kerja keras dan kerja cerdas KONI Aceh dan semua pihak, sehingga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan di Aceh Barat pada tahun ini.

Ia meyakini dalam ajang olahraga tersebut akan ada talenta baru yang akan mengharumkan nama Aceh dalam berbagai cabang olahraga yang akan dipertandingkan, selama satu pekan mendatang.

“Atlet berprestasi tidak jatuh dari langit, maka dari itu dibutuhkan kerja keras dan usaha, sehingga bisa menjadi atlet yang handal,” katanya.

Ia juga mengatakan bakat yang dimiliki oleh pelajar di Aceh, harus diasah sejak usia dini dalam upaya mengharumkan nama Aceh baik di tingkat daerah, nasional hingga internasional.

Ada pun cabang yang dipertandingkan yakni sepakbola, karate, atletik, taekwondo, bola voli, bola basket, sepak takraw, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, panahan serta pencak silat.

Kegiatan tersebut memperebutkan 791 medali terdiri dari 234 medali emas, 234 perak dan 323 medali perunggu.

Bupati Aceh Barat mengatakan pelaksanaan Popda XVI Aceh Tahun 2022 di Aceh Barat, merupakan suatu kebanggaan dan hadiah bagi masyarakat di daeaah ini.

Ramli MS berharap pelaksanaan Popda Aceh dapat berlangsung lancar dan tertib, sehingga seluruh peserta yang hadir ke Aceh Barat dapat mengikuti berbagai perlombaan yang dipertandingkan nantinya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022