Sabang (ANTARA Aceh) - Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata pada Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengatakan, Sabang memiliki potensi sumber daya alam yang menarik, sehingga pulau itu menjadi salah satu kawasan strategis pariwisata nasional.

"Sabang masuk ke wilayah kawasan strategis wisata nasional, dan ini harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat secara umum," katanya pada acara diskusi potensi pengembangan pariwisata Sabang di Kantor Bappeda Sabang, Sabtu.

Ia menyatakan, potensi wisata yang ada Sabang tidak kalah menariknya dengan objek-objek wisata lainnya di Indonesia, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan ini harus dikelola dengan optimal
   
Dikatakannya, peran para pelaku usaha pariwisata untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki pulau paling barat Indonosia itu sangat penting dan ini tentu sangat mendukung bertumbuhkembangnya industri pariwista Sabang.

"Pariwisata itu usaha industri, setiap kegiatan pariwisata itu memperoleh ekonomi yang menjanjikan," ujarnya.

Menurutnya, bertumbuhkembangkan pariwisata di suatu daerah juga akan menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam usaha-usaha industri pariwisata dan semua bisa merasakan manfaatnya.

"Jika usaha pariwisata maju, maka pelaku usaha, hotel, home stay dan cottage akan sejahtera, begitu juga dengan usaha rumah makan, restoran dan juga usaha rental," ujarnya.

Disamping itu juga, satu daerah destination wisata akan banyak dikunjungi oleh para wistawan baik lokal maupun mancanegara, hal ini jika mampu dikelola dengan baik dan tertib.

"Selain pesona alam yang indah, wisata itu dituntut mampu memberikan rasa aman, tertib dan bersih. Ditambah lagi keramahan masyarakat lokalnya," katanya.

Pewarta: Pewarta : Irman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016