Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengatakan perdamaian Aceh yang sudah terjalin selama 17 tahun, antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sejak 15 Agustus 2005 lalu harus terus dijaga selamanya untuk kehidupan masyarakat yang tenteram dan sejahtera.

“Perdamaian Aceh yang sudah terwujud selama 17 tahun harus terus dipelihara dan dijaga, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kesejahteraan seluruh masyarakat Aceh,” kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS, Senin.

Hal ini ia sampaikan seusai menghadiri Peringatan 17 Tahun Perdamaian Aceh di Banda Aceh.

Baca juga: Ini pesan Mahfud dalam peringatan 17 tahun Perdamaian Aceh

Menurutnya, seluruh masyarakat Aceh saat ini sangat bersyukur karena telah hidup dalam keadaan damai, dan nyaman dalam beraktivitas sehari-hari, serta sangat nyaman dalam melaksanakan ibadah.

Dengan adanya perdamaian di Aceh, saat ini masyarakat Aceh juga telah dapat beraktivitas, dan kondisi ini ia harapkan akan terus terjaga selamanya dalam bingkai NKRI.

Melalui momentum Peringatan 17 Tahun Perdamaian Aceh, ia meminta masyarakat Aceh agar dapat saling menyayangi satu sama lain seperti firman Allah SWT yang telah menciptakan berbagai suku bangsa di dunia, agar manusia dapat saling mengenal satu  sama lain dan hidup dalam kondisi damai.

Baca juga: KPA ajak masyarakat rawat perdamaian

Ia juga meminta masyarakat Aceh agar terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjaga ideologi Pancasila dan amanat UUD 1945.

Melalui momentum hari perdamaian ini, juga juga berharap perdamaian di dunia seperti konflik di Palestina dan negara-negara Arab, juga dapat segera diakhiri demi menjaga perdamaian dunia yang abadi mengakhiri pertumpahan darah bagi umat muslim dunia.

Baca juga: Anggota DPR RI ajak masyarakat kawal perdamaian Aceh

“Mari sama-sama kita jaga perdamaian Aceh dengan tidak memaksa kehendak, dan jangan meminta yang tidak mungkin terpenuhi,” kata Ramli MS menambahkan.

Menurutnya, saat ini masyarakat Aceh mengharapkan hidup nyaman, tenteram, bahagia dan sejahtera dunia akhirat, tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022