Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah mengajak seluruh pengusaha kilang padi di daerahnya agar mencantumkan nama "Abdya" di kemasan beras yang dijual ke luar daerah.

"Nama Abdya perlu dicantumkan di karung beras agar masyarakat luar tahu Kabupaten kita merupakan salah satu daerah ketahanan pangan di Provinsi Aceh," kata Darmansah di Blangpidie, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya saat menghadiri gerakan temu lapang menanam padi serentak Musim Tanam Rendengan 2023 di Gampong Pisang, Setia, Kamis (2/2).

Ia mengajak seluruh kilang padi yang mengirim beras keluar daerah wajib mencantumkan nama Abdya di karungnya agar masyarakat luar tahu daerah kita lumbung padi di Aceh.

Menurut Pj Bupati Darmansah dirinya harus mengintervensi kilang padi sebagai upaya mempromosikan nama Abdya dalam produksi beras di Provinsi Aceh.

"Saya harus intervensi dalam hal ini, bila tidak bersedia mohon pemiliknya pindah Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja, di mana selama ini gabah hasil produksi di Abdya, proses pengolahan juga di Abdya tetapi di karung kemasannya sudah dicantumkan nama daerah lain,” katanya.

Ia menginstruksikan Kepala Dinas Perindakop Abdya agar mengawasi dan bila ada kilang padi belum membuat nama Abdya di karung beras harus segera membuat nama daerah di samping merek dagang.

Disamping itu kepala daerah tersebut juga meminta Dinas Perindakop untuk meningkatkan sosialisasi ke kilang padi, agar ke depan semua beras produksi Abdya yang di ekspor keluar daerah dan ke Sumatera Utara sudah ada nama Abdya di karungnya.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023