Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DMPGP4) terus berupaya mempercepat lahirnya sekolah ramah anak di daerah ini.

“Ada sekitar 50 sekolah yang akan kami targetkan menjadi sekolah ramah anak di Nagan Raya,” kata Kepala DPMGP4 Kabupaten Nagan Raya, Damharius, Ahad.

Ada pun ke-50 sekolah tersebut terdiri dari Sekolah Dasar (SD) atau sederajat, Sekolah Menenangah Pertama (SMP) atau sederajat, Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang tersebar di 10 kecamatan di daerah ini.

Baca juga: MIN 3 Nagan Raya raih penghargaan Sekolah Ramah Anak dari pemerintah, begini harapan Pj Bupati

Damharius mengatakan, tujuan pembentukan sekolah ramah anak di daerah ini bertujuan untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan pemerintah, dalam meningkatkan penyelenggaraan perlindungan bagi anak di daerah.

Selain itu, pembentukan sekolah ramah anak tersebut merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, untuk memberikan perlindungan dan pelayanan bagi anak agar dapat terhindar dari berbagai tindak kekerasan saat berada di lingkungan sekolah.

“Salah satu upaya pembentukan sekolah ramah anak yaitu untuk mempertahankan status Kabupaten Nagan Raya yang layak anak menjadi status madya,” kata Damharius menambahkan.

Baca juga: Aceh dorong pengembangan sekolah ramah anak Banda Aceh jadi contoh

Guna mewujudkan hal ini, pihaknya juga turut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya dan Kantor Kementerian Agama di Nagan Raya, agar dapat mendukung percepatan penerapan sekolah ramah anak di daerah ini.

Ia juga mengatakan pembentukan sekolah ramah anak juga sebagai upaya untuk mewujudkan pemenuhan hak pendidikan anak, perlindungan anak, serta memberikan kenyamanan bagi anak dan remaja saat berada di lingkungan sekolah, serta terhindar dari berbagai bentuk kekerangan, perundungan, maupun pelecehan di sekolah.

“Pemkab Nagan Raya akan terus menerapkan program pembangunan dengan berorientasi pada hak dan kewajiban anak, sehingga benar-benar menjadi kabupaten layak anak,” tuturnya.

Baca juga: Nagan Raya deklarasikan sekolah ramah anak

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023