Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berkomitmen untuk membantu penyandang disabilitas di daerah itu salah satunya dengan memberikan bantuan kursi roda.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sangat serius memberi perhatian kepada penyandang disabilitas,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Kecamatan Darussalam, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela mengantar langsung kurai roda kepada M Dahlan warga Lamtimpeng, Kecamatan  Darussalam, Aceh Besar.

Baca juga: Dandim Aceh Barat bantu kursi roda untuk anak disabilitas

M Dahlan tidak bisa berjalan, sejak mengalami kecelakaan satu bulan yang lalu, sehingga dirinya tergerak hati untuk mengantarkan langsung bantuan kursi roda kepada yang bersangkutan.

Iswanto mengatakan dirinya juga memerintahkan Kepala Dinas Sosial, Bahrul Jamil untuk mendata dengan valid penyandang disabilitas di Aceh Besar.

“Tadi, sudah saya sampaikan kepada Pak Kadis Sosial untuk terus menggerakkan jajarannya dalam melakukan pendataan para penyandang disabilitas di seluruh kecamatan dan gampong yang ada di Aceh Besar, agar saat penyerahan bantuan tepat sasaran dan bermanfaat,” kata Iswanto.


Baca juga: Lembaga CYDC minta Pemko Banda Aceh lahirkan regulasi pemberdayaan disabilitas

Menurutnya Negara ini menghormati dan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sehingga perlindungan dan hak asasi manusia terhadap kelompok rentan khususnya juga menjadi hal penting untuk diperhatikan, khususnya penyandang disabilitas.

“Jangan sampai ada penyandang disabilitas di Aceh Besar yang tidak terdata untuk kita berikan bantuan,” katanya.

Di hari yang sama, Pj Bupati Aceh Besar juga menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) untuk masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di Kantor Camat Darussalam untuk 22 orang lansia, yang terdiri 12 orang perempuan dan sepuluh orang laki-laki. 

Dengan rincian, delapan orang penerima bantuan tongkat tiga kaki, satu orang penerima tongkat empat kaki, tiga orang penerima kursi roda dan delapan orang penerima kasur dan yang lainnya menerima bantuan makanan dan perlengkapan ibadah.

Baca juga: Dewan minta Pemko Banda Aceh realisasi bantuan sosial disabilitas, begini kata Dinsos

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023