Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Syariah Islam setempat akan menyeleksi peserta Musabaqah Tilawatil Quran  (MTQ) Tingkat Provinsi Aceh ke-36 tahun 2023 di Kabupaten Simeulue lewat Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kabupaten.

“Kegiatan STQ ini akan diikuti sebanyak 533 peserta dari 23 kecamatan se-Aceh Besar. Mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Aceh yang akan digelar di Simeulue,” kata Ketua panitia pelaksana Farhan AP di Aceh Besar, Kamis.

Ia menjelaskan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2023 di Komplek LPMP, Gampong Niron, Kecamatan Sukamakmur akan dibuka langsung Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto.

Farhan yang juga Asisten I Setdakab Aceh Besar mengajak  masyarakat Aceh Besar untuk menghadiri dan  menyukseskan kegiatan STQ yang akan digelar hingga 2 Mei 2023.

Kepala Bidang Peribadatan dan Pengembangan Sarana Keagamaan Dinas Syariat Islam Aceh Besar, Edy Muchlis menjelaskan cabang dan golongan yang diperlombakan  pada STQ tersebut berjumlah 24 cabang dan golongan untuk kategori putra dan putri.

Sedangkan total peserta seluruhnya berjumlah 533 orang terdiri dari 249 peserta putra dan 284 peserta putri yang tersebar  dari 23 kecamatan se-Aceh Besar. 

Sebelumnya, pada MTQ Tingkat Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Besar telah 2 kali berturut-turut menjadi juara umum di MTQ tingkat Propinsi, yaitu pada MTQ Aceh ke-34 Tahun 2019 di Kabupaten Pidie dan MTQ Aceh ke-35 Tahun 2022 di Kabupaten Bener Meriah.

“STQ ini merupakan bagian dari mempersiapkan qari dan qariah ke MTQ tingkat Provinsi Aceh. Semoga kafilah Aceh Besar dimudahkan Allah dalam berjuang di MTQ Aceh ke-36 Tahun 2023 di Kabupaten Simeulue dan kembali menjadi yang terbaik sebagai Juara Umum dengan doa para guru dan seluruh masyarakat,” katanya.

Baca juga: 673 anggota pramuka se Aceh meriahkan musabaqah tunas Ramadhan di Pidie, hadiahnya umrah

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023