Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan melaksanakan uji mampu baca Alqur'an terhadap seluruh Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang telah mendaftar maju di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KIP Abdya, Yudi Nirmansyah di Blangpidie, Jumat membenarkan pihaknya telah mengumumkan jadwal uji mampu baca Alqur'an terhadap seluruh bacaleg DPRK Abdya, baik dari partai nasional maupun partai lokal.

"Uji mampu baca Alqur'an ini berlaku untuk semua Bacaleg, baik dari partai lokal maupu nasional," kata Yudi Nirmansyah kepada wartawan. 

Baca juga: KIP Aceh Barat: Bacaleg tak mampu baca Al Quran dipastikan langsung gugur

Yudi menjelaskan, pelaksanaan uji mampu baca Alqur'an ini dilaksanakan berdasarkan keputusan KIP Aceh Nomor 37 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Uji Mampu Baca Al-Qur'an terhadap bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota.

"Waktu pelaksanaannya mulai, Selasa, 06 Juni sampai Senin, 12 Juni 2023 yang dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB," jelasnya.

 

Ia menambah pelaksanaan uji mampu baca wahyu Ilahi ini sudah terjadwal per Daerah Pemilihan (Dapil). Kegiatan ini dilaksanakan diaula kantor KIP Abdya. 

"Kita berharap para Bacaleg untuk datang tepat waktu," pintanya.

Ia juga menjelaskan, aspek penilaian uji baca alquran ini meliputi penguasaan Ilmu Tajwid, Fashahah, yang meliputi ketepatan membaca huruf hijaiyah dan ketepatan bacaan harkat dan maad, serta adab seperti penampilan.

"Semua itu dinilai oleh panitia, dan dinyatakan mampu apabila mendapatkan jumlah nilai paling kurang 50 (lima puluh) poin," jelasnya

Ia menambahkan sebelum mengikuti uji mampu baca alquran, para peserta yang merupakan bakal calon anggota DPRK Abdya menunjukkan tanda pengenal KTP kepada tim uji dan harus hadir 15 menit sebelum pelaksanaan.

"Uji mampu baca Al-qur'an dilakukan dengan cara berhadapan langsung dengan tim penguji," terangnya.

Baca juga: Pemko Banda Aceh agar masukan baca tulis Alquran di kurikulum sekolah

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023