Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memberangkatkan 106 peserta yang terdiri dari penyuluh pertanian dan Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Barat menuju Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, guna mengikuti Pekan Nasional KTNA ke-16 berlangsng sejak 10-15 Juni 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Marhaban, dalam keterangannya dikutip Ahad di Meulaboh mengatakan, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat mempelajari berbagai ilmu untuk diterapkan di daerah demi kemajuan daerah.

“Ilmu dan inovasi yang didapatkan di penas ini agar dapat diimplementasikan di daerah, sehingga nantinya bisa memberikan dampak positif bagi seluruh sektor pertanian dan nelayan di Kabupaten Aceh Barat,” kata Marhaban.


Baca juga: Disomasi terima uang Rp25 juta dari kelompok nelayan, Ketua KTNA Aceh Tamiang buat laporan polisi

Menurutnya, kegiatan Pekan Nasional KTNA ke-16 Tahun 2023 tersebut merupakan wadah bagi sesama peserta petani dan nelayan untuk belajar dan mengajar serta saling tukar menukar informasi. 

Pada kegiatan ini, pemerintah daerah dan peserta memungkinkan pula untuk melakukan pengembangan kemitraan dan kerja sama antara petani, peneliti dan penyuluh serta dengan pihak swasta yang berskala besar. 

Ia mengharapkan seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan tersebut, untuk mempromosikan Aceh Barat terutama terkait dengan potensi pertanian, tanaman pangan dan holtikultura.

“Sekaligus menggali ilmu dan inovasi baru untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kemajuan pertanian di Aceh Barat,” kata Marhaban menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat meminta agar para peserta bisa menjaga marwah dan harkat Kabupaten Aceh Barat selama mengikuti rangkaian kegiatan Pekan Nasional KTNA tahun ini.

Menurutnya, acara tersebut merupakan ajang bergengsi tingkat Nasional yang dihadiri oleh seluruh perwakilan daerah se Indonesia. 

“Apa yang akan ditampilkan dan ditunjukkan oleh Aceh Barat akan dilihat secara nasional,” katanya lagi. 

Melalui kegiatan ini, ia mengharapkan agar petani dan nelayan di Kabupaten Aceh Barat dapat melakukan konsolidasi pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, hingga membahas potensi perikanan dan kehutanan dari tiap daerah.

Baca juga: KTNA Aceh Tamiang tanam bawang merah organik di polybag

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023