Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) memberikan kesempatan kedua kepada 167 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRK daerah untuk mengikuti tahapan uji baca Al Quran agar bisa maju ke Pemilu 2024.
 
"Kemarin ada masuk surat perubahan dari KIP Aceh. Intinya bacaleg yang tidak hadir uji mampu baca Al Quran diberi kesempatan kedua untuk mengikuti uji baca kalam ilahi agar mereka bisa bertarung di pesta demokrasi 2024," kata ketua KIP Abdya, Yudi Nirmansyah di Blangpidie, Kamis. 
 
Yudi menerangkan di dalam surat KIP Aceh tertanggal 14 Juni 2024 yang ditujukan kepada seluruh KIP Kabupaten/ Kota tersebut di jelaskan bahwa bagi bacaleg DPRK yang di hadir uji mampu baca Al Quran pada tanggal 6 hingga 12 Juni dianggap belum memenuhi syarat. 

Baca juga: 167 Bacaleg DPRK Abdya gugur karena tak ikut uji baca Al Quran
 
Partai Politik kata dia baik nasional maupun lokal dapat mengajukan kembali nama-nama bacaleg tersebut untuk mengikuti uji mampu baca Al Quran yang dibuka lagi pada masa perbaikan tanggal 10 sampai 15 Juli. 
 
"Di dalam surat KIP Aceh terbaru itu dijelaskan bagi bacaleg yang tidak hadir baca Al-Quran dianggap belum memenuhi persyaratan, bukan gugur. Bersangkutan masih bisa diajukan kembali oleh partai untuk perbaikan," katanya.
 
 
Berbeda dengan bacaleg yang tidak lulus. Kata dia, bagi bacaleg yang ada mengikuti uji mampu baca Al Quran namun tidak lulus maka peserta tersebut dianggap gugur karena tidak lulus tahapan. 
 
Sebelumnya lanjut dia, jumlah bacaleg yang di daftarkan oleh 21 Parpol pada KIP Abdya sebanyak 483 orang dari seluruh daerah pemilihan di Kabupaten Abdya. 
 
Dari jumlah tersebut kata dia hanya 316 bacaleg yang hadir mengikuti tahapan pemilu baca Al quran yang diselenggarakan oleh KIP Abdya sejak tanggal 06 sampai 12 Juni 2023. 
 
Sedangkan sisanya 167 Bacaleg lagi yang tidak mengikuti tahapan uji mampu baca Al Quran, maka mereka diberi kesempatan kembali untuk mengikuti tahapan itu agar bisa bertarung pada pemilu akan datang.

Baca juga: Puluhan Bacaleg di Abdya ikuti tes baca Alquran

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023