PT Hutama Karya (Persero) mengatakan seksi 5 dan 6 ruas tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh), Kamis (22/6) besok mulai beroperasi melayani masyarakat, namun belum dikenakan tarif atau gratis karena masih dalam tahapan masa sosialisasi.

“Meski belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas,” kata Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan, pengoperasian ini menyusul adanya Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang penetapan pengoperasian jalan tol Sigli – Banda Aceh seksi 5 – 6. 

Baca juga: Dibuka saat Lebaran, dua seksi tol Sibanceh kembali ditutup mulai hari ini


“Kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima SLO dan Kepmen tersebut, dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan 31 personel siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis & patroli,” ujarnya.

Sebelum resmi beroperasi, dia menjelaskan, ruas tol tersebut juga telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF), meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, sarana jalan, bangunan pelengkap, operasi dan administrasi.

 

Kemudian juga telah memberikan pelatihan kepada petugas terkait kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya sehingga petugas telah siap dalam pengoperasian.

Selain itu, lanjut dia, jalan tol tersebut juga telah melewati uji coba dengan dibuka secara fungsional pada momentum mudik Lebaran 2023, yang dilalui lebih dari 10 ribu kendaraan, dengan nihil kecelakaan. 

“Nantinya seksi 5 dan 6 (Blang Bintang - Baitussalam) ini akan menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu yaitu seksi 2 - 4 (Seulimeum - Blang Bintang) sepanjang 35,8 km,” kata Tjahjo. 

Di sisi lain, dia juga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol. Salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Baca juga: Puncak arus balik di Tol Sibanceh terjadi pada H+3 Lebaran kemarin

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023