Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh menyatakan berhasil menekan angka fatalitas atau korban jiwa kecelakaan lalu lintas di provinsi ujung barat Indonesia tersebut dalam tiga bulan terakhir.

"Angka fatalitas kecelakaan lalu lintas di jalan raya dalam tiga bulan terakhir bisa kita turunkan. Sebelumnya, 60-an orang, kini menjadi 30-an orang," kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy di Banda Aceh, Senin.

Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan angka fatalitas korban periode Juni, Juli, dan Agustus 2023 mencapai 60-an per bulan. Sedang, per September 2023 menjadi 30-an.

Ia mengatakan turunnya angka fatalitas tersebut tidak terlepas dari kerja para pihak, baik jajaran polisi lalu lintas maupun semua elemen masyarakat.

"Hasil analisa dan evaluasi kami sebelumnya, angka kecelakaan lalu lintas di Aceh termasuk tinggi dengan korban jiwa yang tidak sedikit. Karena itu, kami memfokuskan bagaimana menekan angka kecelakaan tersebut," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah itu juga mengapresiasi jajaran satuan lalu lintas kepolisian resor yang begitu aktif menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait tertib dan keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

Sosialisasi dan edukasi tidak hanya dilakukan di dunia nyata, tetapi juga dunia maya dengan memanfaatkan media sosial, sehingga hasil yang didapat mampu menekan angka fatalitas kecelakaan di jalan raya, kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas serta mengutamakan keselamatan saat di jalan raya. Partisipasi masyarakat terib berlalu lintas merupakan kunci semuanya," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Baca juga: Peringati hari lalu lintas, ini dilakukan jajaran Ditlantas Polda Aceh

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023