Kelompok budidaya udang vaname di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendapatkan bantuan pembangunan dua unit tambak terpal, dengan nilai anggaran Rp500 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2023.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman melalui Koordinator Produksi, Bidang Perikanan Budidaya M Daud, Rabu, mengatakan bantuan tambak HDPE yang tengah dibangun tersebut diberikan untuk kelompok budidaya udang vaname Makmur Jaya di Desa Geulima Jaya, Susoh. 

"Kegiatan pembangunan tambak dan pengadaan sarana di Abdya itu menggunakan sumber anggaran APBA atau Otsus DKP Aceh tahun 2023. Jumlah sebesar Rp500 juta," ujarnya.

Baca juga: Udang Vaname Abdya tembus pasar internasional

Ia juga menjelaskan tambak terpal untuk udang vaname yang tengah dibangun tersebut sebanyak dua unit, dengan luas sekitar 1.225 meter persegi, lengkap jaringan dan instalasi listrik, pompa air dan kincir kolam. 

"Pembangunan tambak dan sarana saja. Kalau benih udang, pakan dan obat-obatan itu tidak ada," katanya.

Dia menambahkan, tambak terpal HDPE yang tengah dibangun tersebut merupakan pokok pikiran anggota DPR Aceh dari Dapil IX yang diperuntukkan untuk kelompok vaname makmur jaya dengan jumlah anggota 10 orang. 

Dengan adanya kegiatan itu, kata dia, pembangunan tambak HDPE udang vaname di Abdya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat atau kelompok budidaya udang di daerah itu. 

"Udang vaname merupakan salah satu udang putih yang  cukup komersial yang saat ini merupakan andalan sektor perikanan budidaya dan menjadi prioritas pengembangan akuakultur di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Aceh Timur ajak masyarakat budi daya udang sistem aquakultur

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023