Perum BULOG Kantor Wilayah (Kanwil) Aceh menyatakan realisasi pengadaan beras dalam negeri yang dibeli dari petani di provinsi setempat hingga saat ini telah mencapai 60 persen dari total pengadaan tahun 2023 sebanyak 13.870 ton.

“Insya Allah kita akan terus membeli hasil panen milik petani yang ada di Aceh untuk memenuhi kebutuhan pangan dan kebutuhan Bulog untuk wilayah Aceh,” kata Pemimpin Wilayah Perum BULOG Kanwil Aceh Mukhammad Agung Aulia di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau pelaksanaan pasar murah serentak secara nasional dan khusus di Banda Aceh kerja sama Bulog dengan Dinas Pangan Provinsi Aceh berlangsung di Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh dan Aceh Besar.

Baca juga: Dinas Pangan dan Bulog Aceh gelar pangan murah di tujuh daerah

Ia menjelaskan saat ini rata-rata ada kenaikan harga beli ditingkat penggilingan, namun pihaknya melalui mitra dan tim yang ada akan bekerja maksimal untuk menyerap hasil panen milik petani.

Ia menyebutkan total target pengadaan beras dalam negeri di perusahaan plat merah tersebut pada tahun 2023 sebanyak 13.870 ton dengan realisasi hingga saat ini sebanyak 8.344 ton setara beras atau sebesar 60,15 persen.

Adapun realisasi pengadaan hingga saat ini di provinsi ujung paling barat Indonesia itu terdiri dari pengadaan komersial 6.064 ton setara beras dan pengadaan PSO sebanyak 2.280 ton setara beras.

Pihaknya optimistis dengan waktu yang tersisa tiga bulan lagi akan mampu merealisasi target pengadaan Kanwil Bulog Aceh hingga akhir tahun 2023 sebanyak 13.870 ton.

Ia juga menambahkan pihaknya juga akan membeli hasil panen milik petani di Aceh melalui mitra dan tim yang telah dibentuk oleh Kanwil Bulog Aceh.

Baca juga: Ada isu beras plastik, Bulog Aceh pastikan beras impor aman dikonsumsi

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023