Pantai Jagu merupakan salah satu tempat wisata di sudut Kota Lhokseumawe, Aceh, yang namanya diambil dari singkatan dua nama desa yaitu Desa Jawa dan Hagu.

Berlokasi di Jalan Iskandar Muda, Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, warga setempat menjelaskan bahwa pantai itu ada melalui program pengentasan kota kumuh pada dua desa tersebut.

"Lokasi tersebut belum dibenahi layaknya tempat wisata. Tidak ada pondok-pondok untuk wisatawan bersantai," kata Nazarrudin, Sabtu (11/11).

Baca juga: Pemko Lhokseumawe antisipasi jumlah sampah naik saat sarasehan APEKSI
 
Nazarrudin mengatakan pantai itu berubah karena adanya pembangunan jalan beton yang bisa dilalui semua jenis kendaraan. Selama dua bulan terakhir, lanjutnya, tempat tersebut menjadi lokasi favorit warga kota. Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke Lhokseumawe juga sering menikmati suasana Pantai Jagu. 
 
Para pedagang masih seadanya berjualan di pinggir jalan pantai. Namun, ada aneka makanan dan minuman ringan sudah tersedia, diantaranya jagung bakar, kacang rebus, bakso, dan minuman kaleng. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp5.000 sampai Rp15.000.
 
"Butuh pembenahan lebih baik jika ingin destinasi wisata ini menjadi populer. Lokasinya pas di daerah kota," kata Eka, salah seorang pengunjung.
 
Pantai Jagu dibuka dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB, pengunjung lebih ramai di akhir pekan dibandingkan hari biasa, baik itu dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Para pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke lokasi, dikarenakan gratis. Tempat tersebut juga tidak ada area khusus untuk parkir.
 
Salah seorang warga Lhokseumawe, Dedy, mengaku sering datang ke Pantai Jagu untuk memancing. Namun, kebersihan masih kurang terjaga dan hampir semua sudut dibebatuan pinggiran pantai terdapat sampah, karena tidak adanya tempat pembuangan sampah.
 
"Harapannya Pemerintah Kota Lhokseumawe bisa membuat tempat ini lebih bagus dan bersih. Promosi lebih kuat, agar menjadi tujuan utama wisatawan,” sebutnya.
 
Selain itu, ada disediakan mobil listrik anak-anak bermain, disewa dengan harga Rp15.000 setiap 20 menit untuk berkeliling sekitaran pantai.
 
Para pengunjung bisa melalui dua jalur untuk menuju ke Pantai Jagu, yakni melalui Kesatuan Keamanan Pelabuhan KP-3 Lhokseumawe dan melalui Kafe Bahari, tepat di simpang Pertamina Lhokseumawe.

Penulis: Kamal, mahasiswa Malikussaleh

Baca juga: Wali kota Lhokseumawe ingatkan PBJ era digital harus cepat dan sesuai aturan

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023