Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengakomodir usulan anggota Komisi V DPR RI asal Aceh Irmawan untuk menyubsidi penerbangan perintis melalui Bandara Pantiambang Gayo Lues, Aceh.

"Kementerian Perhubungan telah menyetujui untuk menyubsidi penerbangan dari Gayo Lues, dua kali dalam seminggu," kata Irmawan, di Banda Aceh, Kamis.

Subsidi tersebut, kata Irmawan, dari dan ke sejumlah bandara di Aceh yakni Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Rembele Bener Meriah, hingga Gayo Lues ke Bandara Internasional Kualanamu Medan.

Baca juga: Pj Bupati Aceh Tengah: Kopi gayo kebanyakan masih dijual green bean

Irmawan menjelaskan, jadwal penerbangan perintis yang menghubungkan Gayo Lues dengan Banda Aceh, Bener Meriah, dan Medan tersebut sebelumnya sudah disampaikan berulang dalam rapat Komisi V DPR RI dengan Kemenhub.

Bahkan, kata dia, pengusulan tersebut juga sempat menimbulkan perdebatan hebat, hingga akhirnya Kemenhub mengakomodir untuk menyubsidi rute dari bandara Gayo Lues tersebut.

"Kita harapkan ini akan memberi dampak secara ekonomi kepada masyarakat Gayo Lues, yang aksesnya semakin mudah," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Irmawan juga menuturkan bahwa dirinya telah mengusulkan subsidi penerbangan untuk bandara perintis lainnya di Tanah Rencong.

"Beberapa bandara perintis seperti di Aceh Singkil dan Aceh Tenggara, juga sudah diusulkan agar mendapat subsidi dari kementerian," demikian Irmawan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub akomodir subsidi penerbangan perintis dari Gayo Lues Aceh

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023