Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR mengucurkan dana sebesar Rp56 miliar lebih untuk membangun tiga ruas jalan pelosok di Kabupaten Aceh Jaya. 

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi melalui Inpres jalan, Aceh Jaya mendapatkan alokasi tiga ruas jalan,” kata Pj Bupati Aceh Jaya Nurdin saat meninjau pembangunan jalan, di Aceh Jaya, Sabtu.

Dana tersebut dikucurkan melalui instruksi presiden (inpres) Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) terkait percepatan pembangunan jalan-jalan daerah.

Adapun tiga ruas jalan yang dibangun tahun 2023 ini yaitu peningkatan struktur jalan Ligan-Kuala Ligan (seksi I) Rp26 miliar. Peningkatan struktur jalan Ligan-Kuala Ligan (Seksi II) Rp16 miliar dan peningkatan struktur jalan Badih-Meulinteng di Lamno Kecamatan Jaya sebesar Rp14 miliar.

Nurdin menyampaikan, dengan adanya pembangunan jalan tersebut, maka bisa memudahkan akses keluar masuk barang masyarakat, sehingga lahan-lahan di sepanjang jalan itu lebih produktif.

“Dengan adanya jalan tersebut akses masyarakat dari pucok Ligan ke kota Calang lebih lancar,” ujarnya.

Dirinya berharap, pembangunan jalan seperti pemberian Presiden Jokowi ini bisa terus berlanjut kedepannya, sehingga seluruh akses masyarakat di Aceh Jaya bisa dibangun lebih cepat.

Kata dia, untuk progres pembangunan saat ini sudah mencapai 90 persen, hal itu karena adanya kendala kabupaten setempat dilanda banjir, dimana sebanyak 51 desa terendam.

"Sehingga pelaksana pekerjaan tertunda beberapa hari, namun waktu masih ada hingga 27 Desember, Insya Allah jalan ini bisa selesai,” demikian Nurdin.


Baca juga: Petani di Aceh Jaya terancam gagal panen akibat luapan sungai

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023