Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) II, sebagai upaya merumuskan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Aceh Barat Tahun 2025-2045, dipusatkan di Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh di Meulaboh.

“Kegiatan ini menjadi penting bagi partisipasi masyarakat dalam menentukan arah pembangunan untuk dua dekade ke depan,” kata Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi di Meulaboh, Selasa.

Mahdi Efendi mengatakan pentingnya keterlibatan publik dalam merumuskan rencana jangka panjang daerah.

Hal ini untuk memastikan bahwa aspirasi dan kebutuhan masyarakat tercermin dalam perencanaan pembangunan ke depan yang berkelanjutan.

Menurutnya, forum tersebut menjadi wadah bagi berbagai pemangku kebijakan untuk berbagi pandangan, gagasan, serta masukan guna mencapai visi bersama dalam memajukan Kabupaten Aceh Barat ke arah yang lebih baik.

Mahdi menyebutkan, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan dokumen strategis yang akan menjadi panduan bagi pembangunan wilayah untuk 20 tahun ke depan. 

Dengan melibatkan masyarakat luas, diharapkan RPJPD 2025-2045 akan mencerminkan kebutuhan yang nyata dan mendesak dari seluruh lapisan masyarakat Aceh Barat.

Dikatakannya, RPJPD ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah dokumen perencanaan, namun merupakan landasan bersama dalam mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. 

“Kegiatan ini juga merupakan momentum yang sangat strategis untuk membahas secara komprehensif, setiap aspek yang perlu diperhatikan dalam perencanaan jangka panjang,” katanya menambahkan.

Kegiatan tersebut termasuk untuk sektor pembangunan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, serta aspek lainnya yang dapat menunjang peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat, kata Mahdi.

Baca juga: Polres Aceh Barat jaga tempat ibadah non Muslim guna ciptakan kenyamanan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023