Singkil (ANTARA Aceh) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Aceh Singkil kini menjadi satu-satunya rumah sakit andalan di wilayah barat selatan Aceh,  karena menjadi rujukan pemeriksaan Tuberclosis Resisten Obat (TBRO).

Direktur RSUD Aceh Singkil, dr Eko Saputra Anuggroho kepada wartawan di Singkil, Rabu menyatakan, rumah sakit ini dinilai komit dalam penanganan penyakit TBS, karena memiliki dokter spesialis paru dan patologi klinik yang bertugas secara defenitif.

Dikatakan, hasil survey yang dilakukan oleh lembaga internasional The Global Fund yang bergerak di bidang penanganan penyakit HIV/AIDS, malaria dan tuberclosis bahwa di wilayah barat selatan hanya di Aceh Singkil yang rumah sakitnya memiliki dokter spesialis paru dan patologi klinik yang bertugas secara defenitif.

Sehingga The Global Fund membantu RSUD Aceh Singkil dengan memberikan alat Test Cepat Molekuler (TCM) yang berfungsi untuk mendeteksi pasien pengidap TBRO yaitu kuman TBC yang diidap pasien yang sudah tidak lagi mempan dengan hanya makan obat.

"TBRO hanya akan dapat terdeteksi dengan menggunakan alat TCM yang bekerja melalui test DNA yang bersangkutan," ujar Eko.

Dokter Eko yang didampingi Dokter Darul Amani SpPK menjelaskan keberadaan RSUD Aceh Singkil menjadi rujukan pemeriksaan TBRO sangat membantu masyarakat di wilayah ini.

Sebelumnya RSUD Singkil hanya dilakukan dengan merujuk ke Rumah Sakit Zainal Abidin di Banda Aceh. Masyarakat akhirnya dapat tertolong dengan biaya murah dan jarak yang dekat dan mudah diakses apabila pemeriksaan TBRO di Aceh Singkil.

Diakui angka penyakit warga yang terindikasi TBC masih ditemukan di wilayah ini. Sulit melakukan penanganan karena sebagian warga masih enggan ditolong secara medis karena nasih menganggap TBC yang diidap merupakan penyakit  termakan racun jahat.

Warga akhirnya lebih percaya kepada pengobatan akternatif yang disebut dengan orang pintar, katanya.

Dijelaskan juga bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai tahapan pembenahan di rumah sakit yang dipimpinnya itu untuk menjawab kebutuhan akan pelayanan yang lebih baik sekaligus akan dilaksanakan penilaian akreditasi secara nasional terhadap RSD Aceh Singkil.

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017