Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) menyebut sebanyak delapan yacht dari berbagai negara telah mendaftar diri untuk hadir dalam ajang Sabang Marine Festival (SMF) yang akan digelar pada 1-3 Maret 2024 di Pulau Weh Sabang.

Wakil Kepala BPKS T Zanuarsyah mengatakan pihaknya terus berupaya menguatkan citra SMF sebagai salah satu tujuan singgah bagi para yachter yang melintasi perairan Kota Sabang.

"Yacht yang sudah terdaftar sudah delapan kapal mudah-mudahan bisa bertambah terus, karena konsep awal SMF itu dulu lebih ke mendatangkan yacht atau kapal layar," kata T Zanuarsyah dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Jumat.

Baca juga: Sabang Marine Festival 2024 usung konsep budaya bahari dan konservasi

Adapun delapan yacht yang telah mendaftar untuk hadir ke Sabang Marine Festival tahun ini berasal dari negara Jerman, Thailand, Singapura, Amerika dan lainnya. 

"Namun, (SMF, red) sekarang kita lebih mengedepankan pesta rakyat, disamping juga mendatangkan kunjungan yacht ke Sabang," ujarnya.

Sabang Marine Festival merupakan event yang digelar secara kolaborasi antar lembaga yakni Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Pemerintah Kota Sabang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Konsepnya sama dengan tahun lalu tapi akan dikemas dengan lebih baik lagi, yang dipadukan dengan kegiatan dan atraksi menarik, bersamaan dengan event lainnya. SMF semakin dekat, yang diharapkan kegiatan ini akan dipersiapkan dengan baik ke depannya," ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan ajang bahari terbesar di Aceh yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Kemenparekraf itu diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata daerah, sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Event ini menjadi salah satu strategi yang sangat efektif dalam mempromosikan destinasi wisata atau daerah. Dengan event kita harapkan berdampak positif secara ekonomi, karena banyak masyarakat dan para pelaku UMKM yang terlibat," kata Reza.

Selain membawa dampak pada peningkatan ekonomi, kata Reza, Sabang Marine Festival juga salah satu upaya melestarikan nilai-nilai tradisi budaya, sarana edukasi bagi masyarakat, serta menjadi wadah kreatifitas pelaku seni untuk mengekspresikan diri dan menyalurkan bakat. 

"Yang paling penting adalah event ini menjadi salah satu media mempromosikan Kota Sabang ini ke kancah nasional maupun internasional. Semoga event ini berjalan sukses dan lancar serta membawa dampak yang positif bagi Aceh, khususnya kota Sabang," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Sabang: Distribusi surat suara berjalan lancar di Pulau Weh

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024