Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota  Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menitikberatkan upaya pencegahan narkoba di tengah-tengah masyarakat melalui berbagai kegiatan penguatan informasi dan sosialisasi .

Kepala BNNK Lhokseumawe AKPB Fakrurrazi di Lhokseumawe, Senin mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penguatan kelembagaan yang ada di masyarakat sebagai upaya tangkal terhadap bahaya Narkoba.

Sebutnya, di antara upaya penguatan kelembagaan tersebut adalah dengan melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan juga memberikan edukasi terutama kepada siswa agar mampu mengetahui dan memahami bahaya serta dampak buruk dari Narkoba.

"Kita menitikberatkan pencegahan narkoba ini melalui berbagai kegiatan penguatan kelembagaan yang berupa sosialisasi sekaligus edukasi, mulai dari tingkat kelembagaan masyarakat hingga ke sekolah- sekolah dasar," jelas dia.

Lebih lanjut dikatakan, untuk penguatan bahaya Narkoba di  masyarakat sendiri, pihaknya mengajak tokoh masyarakat dan perangkat desa supaya kegiatan anti narkoba dapat dimasukkan atau diplotting di  dana desa, sebagai sebuah kegiatan pembinaan masyarakat.

Sementara untuk sekolah-sekolah, Fakhrurrazi mengatakan, pihak BNNK Lhokseumawe mendatangi sekolah dasar dan menengah serta mengajak para guru untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada muridnya terhadap bahaya narkoba.

"Untuk di sekolah-sekolah dasar, para guru sebelum memulai atau mengakhiri pelajaran dapat memberikan sedikit pemahaman tentang bahaya narkoba sekitar lima menit. Dengan begitu dilakukan setiap hari, maka akan tertanam dalam diri murid, bahwa narkoba itu adalah musuh dan harus dicegah dan dilawan bersama-sama," terang dia.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017