Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Harga ayam pedaging  disejumlah pasar tradisional yang ada dalam wilayah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, turun selama dua pekan lebih sejak awal Ramadhan.

Mursalin salah seorang pedagang ayam potong di pasar pagi Lhokseumawe, Sabtu mengatakan, bahwa dalam dua pekan terakhir, harga ayam potong terus turun dari sebelumnya dan bertahan pada harga terendah saat ini.

"Dimana harga jual yang sebelumnya Rp 40 ribu / Kg, beringsut turun menjadi Rp 20 ribu / Kg. Turunnya harga ayam potong ini lebih disebabkan banyaknya pasokan kepasar-pasar dari sejumlah daerah peternakan ayam," ungkap Mursalin.

Lanjutnya, dengan banyaknya pasokan ayam ke pasar-pasar oleh peternak, maka harganya juga  terus menurun. Sedangkan harga normalnya ayam potong pada hari-hari biasa adalah Rp 25 ribu / Kg.

Sementara itu, tingkat konsumsi ayam selama bulan Ramadhan, pedagang ini mengakui, bahwa tingkat konsumsi tidak ada perubahan. Akan tetapi dikarenakan banyaknya pasokan ayam dari sejumlah lokasi peternakan, makanya harganya turun.

"Sekarang, hampir semua peternak ayam potong di sekitar wilayah Lhokseumawe, sudah tiba saatnya harus menjual ayamnya, makanya harga ayam murah karena banyaknya pasokan ke pasar dari peternak," jelas Mursalin.

Sementara itu, kebutuhan  ayam potong di Kota Lhokseumawe, selain digunakan sebagai salah satu kebutuhan menu rumah tangga, sebagian besar digunakan untuk kebutuhan usaha kuliner. Seperti, bahan baku pembuatan makanan seperti bakso, siomay dan untuk kebutuhan rumah makan.


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017