Pemerintah Aceh meraih juara pertama dalam anugerah Adinata Syariah 2024 kategori keuangan syariah dari Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS).

"Terima kasih atas penghargaan kepada pemerintah Aceh ini," kata Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah dalam keterangan yang diterima di Banda Aceh, Senin.

Penghargaan tersebut Direktur Eksekutif KNEKS, Taufik Hidayat dan diterima langsung Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, di Tangerang, Banten.

Kata Bustami, penghargaan Adinata Syariah 2024 ini diharapkan dapat memberikan manfaat positif untuk terus mengembangkan keuangan syariah di tanah rencong.

"Penghargaan tersebut tentu memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan keuangan syariah di Aceh," ujar Bustami.

Kegiatan tahunan itu dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Dalam pidatonya, Wapres memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini dapat terselenggara.

"Semoga ekonomi dan keuangan syariah mewujudkan pembangunan ekonomi yang lebih memberdayakan dan mensejahterakan, serta menghapuskan ketimpangan di tengah masyarakat," kata Ma'ruf Amin.

Wapres juga mendorong agar potensi ekonomi daerah terutama ekonomi keuangan syariah dapat dioptimalkan sebagai peluang merancang dan mengimplementasikan keuangan syariah sesuai standar, baik di UMKM hingga usaha berbasis komunitas masyarakat.

Kemudian, Ma'ruf Amin juga mendorong pengembangan industri halal dari investasi dengan mempromosikan potensi wilayah. 

Selanjutnya, aktifkan infrastruktur logistik dan distribusi memadai serta membangun ekosistem yang kuat bagi pertumbuhan dan keberlanjutan ekonomi keuangan syariah.

Terakhir, Wapres berharap agar pemerintah daerah dapat meningkatkan literasi dan edukasi untuk membangun sumber daya manusia yang unggul. 

"Bangun pula kolaborasi dengan meningkatkan penelitian dan pengembangan di sektor-sektor unggulan ekonomi syariah," demikian Wapres Ma'ruf Amin.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024