Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 2.512 calon mahasiswa peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dinyatakan lulus seleksi masuk ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Rektor Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh Prof Samsul Rizal, di Banda Aceh, Selasa, mengatakan dua ribuan peserta yang lulus tersebut terbagi atas tiga kelompok ujian, yaitu kelompok saintek diterima sebanyak 1.264 orang, soshum diterima 610 orang, dan campuran sebanyak 638 orang.

"Pengumuman hasil SBMPTN 2017 dapat dilihat secara online di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id," katanya lagi.

Ia menjelaskan peminat yang memilih Unsyiah pada jalur masuk SBMPTN 2017 mencapai 42.809 orang, namun hanya 2.512 orang yang lulus seleksi melalui jalur tersebut.

Dia mengatakan bagi peserta SBMPTN yang belum berkesempatan lulus melalui jalur tersebut dapat mendaftarkan diri pada jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMM PTN-BARAT) 2017.

"Pendaftaran jalur tersebut sudah dibuka sejak 1-30 Juni 2017. Pendaftaran dilakukan secara online di situs www.smmptnbarat.id. Unsyiah juga membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa yang berprestasi melalui Seleksi Jalur Prestasi," katanya.

Menurut dia, calon peserta Seleksi Jalur Prestasi harus memenuhi syarat, antara lain memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah, memiliki prestasi di tingkat nasional atau internasional dalam bidang olahraga, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan hafiz Alquran 30 juz.

"Semua calon peserta berusia tidak lebih dari 23 tahun dan memiliki nilai rapor SMA yang baik, sehat jasmani dan rohani, dan bebas narkoba. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Prestasi akan ditetapkan oleh panitia," katanya pula.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017