Kemenag Kabupaten Aceh Jaya bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banda Aceh melakukan tes urine 320 pegawai yang bertugas di kantor setempat sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

"Pelaksanaan tes urine pegawai ini untuk mewujudkan ASN yang disiplin serta bebas narkoba," kata Kepala Kemenag Aceh Jaya, H Amirullah Djakfar, di Aceh Jaya, Rabu.

Pelaksanaan tes urine tersebut juga sebagai tindaklanjut program pemerintah yang dilaksanakan secara nasional mulai pusat hingga tingkat kabupaten/kota.

Amirullah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pegawai sesuai amanah kerjasama Kanwil Kemenag Provinsi Aceh dengan BNNP Aceh.

Kata dia, selain untuk menjadikan Kementerian Agama yang bebas narkotika, serta upaya pemberantasan penyalahgunaan, peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika di negeri ini.

“Karenanya jauh-jauh hari kami telah melakukan sosialisasi terhadap pelaksanaan tes urine ini bagi semua pegawai, bahkan bagi yang mengkonsumsi obat untuk melapor sebelum melakukan tes urine," ujarnya.

Dengan hasil positif tanpa narkoba dan bahan-bahan adiktif lainnya di lingkungan Kemenag Aceh Jaya, maka telah memberikan manfaat bagi diri sendiri, dan membangun lingkungan kerja yang tertib, serta terhindar dari obat-obatan terlarang.

"Menjaga diri, hindari narkoba juga anjuran agama. Bersih dari narkoba juga akan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya dan mampu menjadi teladan bagi masyarakat," kata Amirullah.

Dalam kesempatan ini, Kasubbag TU Kemenag Aceh Jaya, Saifullah, berterima kasih kepada pihak BNN yang telah hadir ke Aceh Jaya, dan seluruh jajaran atas partisipasi aktif mengikuti kegiatan tes urine tersebut 

"Ini adalah bentuk dedikasi kita, bila suatu saat kita butuhkan terhadap hasilnya sudah tersedia, jadi sekali lagi terimakasih. Tanamkan bahwa yang kita lakukan akan berdampak terhadap pribadi dan karir kita," demikian Saifullah.

Baca juga: BNNP Aceh inspeksi usaha kuliner cegah penggunaan ganja dalam makanan

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024