Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Banda Aceh meningkatkan kesadaran hidup sehat dikalangan siswa sekolah dasar di Banda Aceh melalui kegiatan promotif preventif yang digelar serentak di 13 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,.

"Kami ingin menunjukkan kepada para siswa SD betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan rajin menggosok gigi, cuci tangan dan senam setiap hari, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun serta  tidak mudah sakit," kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, Kahar Muzakar di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi anak-anak sekolah akan pentingnya pola hidup sehat sehari-hari dan melalui kegiatant ersebut dapat membudayakan pola hidup sehat sejak dini sehingga dapat terhindar dari penyakit.

Kahar mengatakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hut ke 49 BPJS Kesehatan di  SDN 24 Kuta Alam Banda Acehdapat menggugah pelajar guna meningkatkan rasa kepedulian, kerelaan membantu sesama dan gotong royong dalam diri masing-masing.

Menurut dia dengan meningkatnya kesadaran generasi muda untuk berperilaku sehat sehari-hari, jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan kepada program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat.

"Kami juga berharap pihak sekolah dan orang tua dapat turut serta dalam membudayakan perilaku pola hidup sehat. Apalagi usia anak SD adalah masa di mana anak-anak meniru kebiasaan orang-orang sekitarnya," katanya.

Ada pun ke-13 SD yang dikunjungi BPJS Kesehatan yaitu SDN 24 Kuta Alam Banda Aceh, SD 13 Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, SDN 157 Kecamatan Kemuning Palembang, SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi Jakarta Timur, SDN Dewi Sartika CBM Sukabumi dan SD Negeri Pendowoharjo Sleman.

Selanjutnya SDN Banyuanyar 1 Kabupaten Sampang, SDN 5 Menteng Palangkaraya, SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar, Madrasah Ibtiyah Negeri 1 Palu, SDN 1 Semarapura Tengah Klungkung, SD Inpres 18 Sorong dan SDN Bulakan III Cilegon.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017