Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, melakukan seleksi terhadap 182 orang calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam), berupa ujian tertulis menggunakan sistem komputer dipusatkan di Kompleks SMPN 1 Seunagan, kabupaten setempat.

“Seleksi ini kami lakukan untuk menjaring bakal calon Panwascam yang akan bertugas menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak pada tahun ini,” kata Ketua Panwaslih Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Juni Efendi di Suka Makmue, Sabtu.

Menurutnya, pelaksanaan ujian tertulis menggunakan sistem komputer tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari, yaitu sejak Sabtu dan Ahad (3-4 Agustus 2024), dengan pembagian tes masing-masing selama enam sesi di dua hari kegiatan.

Juni Efendi mengatakan pelaksanaan tes tersebut sebagai upaya untuk menjaring bakal calon Panwascam di 10 kecamatan di Nagan Raya, yang nantinya akan bertugas mengawasi jalannya tahapan Pilkada serentak di daerah tersebut.

“Untuk hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 7 Agustus mendatang melalui media sosial Panwaslih Nagan Raya dan media massa,” kata Juni.

Pihaknya juga membuka tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap peserta calon anggota Panwascam yang sedang mengikuti tahapan seleksi.

Hal ini diharapkan sebagai salah satu bentuk transparansi dari Panwaslih Nagan Raya, guna memastikan peserta yang lulus nantinya merupakan peserta yang benar-benar berkompeten dan profesional, dalam menjalankan tugas pengawasan Pilkada di daerah tersebut, demikian Juni Efendi.


Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh minta Panwaslih awasi netralitas ASN di Pilkada

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024