Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 20 siswa dari Provinsi Nusa Tenggara Barat mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara tahun 2017 di Provinsi Aceh dalam upaya memperkenal nusantara sejak dini di kalangan siswa.

"Aceh adalah salah satu destinasi wisata halal terbaik dunia. Silakan nikmati tempat wisata, kesenian, dan kebudayaan, serta kuliner di bumi Serambi Mekah ini," kata Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah di sela-sela menerima siswa NTB diÿBalai Sidang Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala, Selasa.

Nova juga mengajak para siswa untuk menikmati keindahan dan mengenal sejarah dan kebudayaan Aceh sehingga mereka bisa memahami wawasan nusantara dengan sempurna.

"Aceh merupakan daerah yang aman. Angka kriminal di provinsi paling ujung barat ini merupakan yang terendah di Indonesia," katanya.

Ia meyakini seluruh siswa dari NTB yang akan tinggal di rumah warga tersebut merasa nyaman, apalagi masyarakat Aceh sangat memulikan tamu yang datang.

"Saya berharap para siswa ini bisa menceritakan tentang Aceh kepada masyarakat NTB," katanya.

Ketua Panitia Ismail Midi mengatakan program yang disponsori oleh Badan Usaha Milik Negara itu sudah berjalan 3 tahun.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para siswa bisa memahami wawasan sosial budaya, wawasan pendidikan, dan wawasan tentang BUMN.

"Kami ingin mengenalkan nusantara sejak dini kepada para siswa," katanya.

Selain siswa NTB, Ismail melaporkan bahwa sebanyak 23 siswa Aceh, termasuk dua siswa sekolah luar biasa (SLB), juga mengikuti acara serupa di Provinsi NTB. Para siswa Aceh itu mengikuti program tersebut mulai 21 hingga 31 Juli 2017.

Sementara itu, siswa NTB berada di Aceh mulai 24 Juli hingga 2 Agustus mendatang.

"Kita berharap mereka bisa menjadi duta Aceh nantinya di kampung halaman mereka," demikian Ismail Midi.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017