Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan siap menjalankan sembilan langkah panduan upaya pengendalian inflasi dari arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Insya Allah kita sudah menjalankan arahan dari Mendagri dan saat ini terus memaksimalkan langkah-langkah yang diterapkan tersebut,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Kecamatan Ingin Jaya, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual yang dipimpin Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri dari Kemendagri Yos Harto Huntoyungono

Ia menjelaskan dalam menjaga inflasi di daerah yang dipimpinnya tersebut, pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya pengendalian inflasi yang diarahkan Kemendagri seperti melaksanakan pasar murah dan peninjauan langsung ke pasar-pasar di Aceh Besar.

"Ini kita lakukan sebagai upaya untuk menyeimbangkan harga, sehingga kebutuhan pasokan harga pangan masyarakat tetap terjaga dan kita bertekad menjadikan Aceh Besar sebagai daerah yang melaksanakan sembilan panduan tersebut," katanya.

Adapun sembilan panduan pengendalian inflasi tersebut di antaranya melakukan pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan yang tersedia. Berikutnya, menurut dia yakni dengan melaksanakan rapat teknis tim pengendalian inflasi daerah (TPID).

Kemudian menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting, melaksanakan pencanangan gerakan menanam, seperti bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan lainnya.

Selanjutnya melaksanakan operasi pasar murah bersama dinas terkait, pemerintah daerah bersama tim penanganan inflasi daerah juga perlu melakukan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, melakukan koordinasi dengan daerah penghasil komoditas untuk kelancaran pasokan.

Kemudian melakukan instrumen anggaran yaitu BTT (belanja tidak terduga) serta bansos, bantuan transportasi dari APBD.

“Alhamdulillah dari panduan tersebut telah banyak yang kita laksanakan di Aceh Besar sebagai upaya komitmen pemerintah daerah dalam memastikan inflasi daerah tetap terjaga,” katanya.

Baca juga: Dekranasda Aceh Besar raih stand terbaik Kriyanusa 2024

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024