Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Aceh mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada Pemilu 2019.

Sekretaris KIP Aceh Darmansyah di Banda Aceh, Rabu, mengatakan pendaftaran bakal calon anggota DPRA dibuka 4 hingga 17 Juli mendatang. Berkas pendaftaran diantarkan langsung ke Kantor KIP Aceh di Banda Aceh.

"Kami sudah menyiapkan tim yang bertugas melayani pendaftaran bakal calon DPRA. Mereka juga sudah dibekali dengan aturan-aturan yang berlaku dalam pendaftaran calon DPRA," kata Darmansyah.

Darmansyah menyebutkan, sebelum pendaftaran dilakukan, partai politik peserta Pemilu 2019 harus memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon.?

Selain itu mengunggah dokumen persyaratan ke sistem informasi pencalonan atau silon yang dilaksanakan 30 hari sebelum dimulainya pengajuan bakal calon sampai hari terakhir masa pengajuan bakal calon, atau terhitung sejak 4 Juni hingga 17 Juli 2018.

"Tim sekretariat telah menyiapkan segala sesuatu, sehingga pendaftaran berlangsung beberapa hari ini akan terlaksana dengan baik. Kami berharap pimpinan partai politik dapat mendaftar sesuai jadwal dan ketentuan yang sudah ada," kata Darmansyah.

Sebagai informasi, kata dia, ketentuan penerimaan dokumen sesuai dengan parameter keabsahan dokumen meliputi dokumen ditandatangani oleh partai politik peserta pemilu sesuai tingkatannya dengan tanda tangan/cap asli.

Ketentuan lainnya, daftar jumlah bakal calon DPRA yang diajukan paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap daerah pemilihan sesuai ketentuan Pasal 244 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

Apabila sampai akhir masa pengajuan masih terdapat daerah pemilihan yang tidak memenuhi ketentuan, maka di daerah pemilihan tersebut, yang bersangkutan tidak dapat mencalonkan wakilnya, kata Darmansyah

"Pendaftaran bakal calon juga harus memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen di setiap daerah pemilihan. Di setiap tiga orang pada susunan daftar bakal calon, wajib terdapat paling sedikit satu orang perempuan," kata Darmansyah.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018